Sekilas tentang "Food Terorism"

Terorisme Pangan didefinisikan oleh WHO (2002) sebagai: "suatu tindakan yang disengaja untuk mengontaminasi makanan konsumsi manusia dengan bahan kimia, biologi atau agen radionuclear untuk tujuan menyebabkan cedera atau kematian penduduk sipil dan / atau gangguan sosial, ekonomi atau stabilitas politik ". Dalam konteks ini "Pangan" termasuk tanaman, hewan ternak, yang diproses secara minimal, makanan olahan dan air (baik untuk minum, digunakan sebagai bahan makanan atau untuk digunakan dalam pengolahan makanan). Dengan ekstensi, apa yang disebut "eco-terorisme" meliputi motivasi ideologis penghancuran tanaman atau hewan dan fasilitas penelitian yang terkait.

Menurut Buletin Informasi Ilmiah IUFoST pada September 2007 bahwa semua masyarakat sangat bergantung pada pasokan makanan, oleh karena itu, dapat menjadi target utama yang jelas untuk terorisme. Meskipun alat peledak telah menjadi alat favorit tetapi lingkungan, binatang dan sejumlah bahan yang berbeda telah digunakan untuk mengontaminasi barang-barang konsumen, makanan, dan obat-obatan di seluruh dunia. Pengkontaminasian yang disengaja terhadap tanaman atau penyakit hewan juga bisa menyebabkan gangguan yang luas terhadap pasokan makanan.

Tanggap Darurat harus dilakukan terhadap tindakan sabotase. Tanggap Darurat dalam hal ini dibagi menjadi tiga kategori. Yang pertama, diarahkan pada pengobatan langsung bagi mereka yang terkena dampak. Yang kedua, melibatkan sebuah investigasi kriminal dan penangkapan para pelakunya; dan ketiga, meminimalkan korban melalui penarikan kembali produk pangan (Product Recall/Withdrawals) yang terkontaminasi dan mendeteksi akar penyebab atau vektor penyebab dan membatasi penyebaran kontaminasi.

Pemerintah dan kegiatan perencanaan sektor swasta harus fokus pada langkah-langkah tanggapan dan pengembangan,langkah-langkah pencegahan untuk melindungi produk, fasilitas dan anggota masyarakat serta penelusuran langkah-langkah untuk melacak dan memulihkan bahan terpengaruh.

No comments:

Post a Comment