Strategi Pemasaran Era Baru "4C's terhadap 4P's"


sumber gambar : www.netmba.com

Roy Mc Clean seorang Principal dari Custom Fit Communications Group menyatakan bahwa banyak orang yang telah mengambil kursus pemasaran telah belajar tentang "4 P" pemasaran. Apakah Product, Price, Place dan Promotion, elemen pemasaran ini adalah sesuatu rumus dari masa lalu?

Bob Lauterborn, profesor iklan di University of North Carolina telah melacak keberhasilan produk baru yang diperkenalkan ke AS. Menurut Bob, 80 persen dari produk-produk baru gagal setiap tahun. Dengan tingkat kegagalan yang tinggi, Bob mencatat bahwa ada sesuatu yang tidak bekerja dengan kami "pola pikir". Lalu Dia ingin mengganti 4P dengan Empat C's:

Consumer wants and needs (vs. Products)/ Keinginan dan Kebutuhan Konsumen (vs Produk)

Anda tidak dapat mengembangkan produk dan kemudian mencoba untuk menjualnya kepada pasar massal. Anda harus mempelajari kebutuhan dan keinginan konsumen dan kemudian menarik konsumen satu per satu dengan sesuatu yang masing-masing inginkan. Penulis film Field of Dreams, JP Cancilla mungkin memiliki hak eksklusif untuk ungkapan "membangun itu dan mereka akan datang". Dalam kebanyakan kasus, Anda harus mencari tahu apa yang orang inginkan dan kemudian "membangun" itu bagi mereka, cara mereka.

Cost to satisfy (vs. Price)/Biaya untuk memuaskan (vs Harga)
Anda harus menyadari bahwa harga - diukur dalam dolar - merupakan salah satu bagian dari biaya untuk memuaskan. Jika Anda menjual hamburger, misalnya, Anda harus mempertimbangkan biaya berkendara ke restoran, biaya makan daging hati nurani, dll. Salah satu tempat yang paling sulit untuk berada di dalam dunia bisnis adalah pengecer menjual dengan harga terendah . Jika Anda mengandalkan sepenuhnya pada harga bersaing, Anda rentan terhadap persaingan - dalam jangka panjang.

Convenience to buy (vs. Place)/Kenyamanan untuk membeli (vs Tempat)
Anda harus memikirkan kemudahan untuk membeli bukan tempat. Anda harus tahu bagaimana setiap bagian dari pasar lebih memilih untuk membeli - di Internet, dari katalog, di telepon, dengan menggunakan kartu kredit, dll Lands End pakaian, Buku Amazon dan Dell Komputer adalah hanya beberapa bisnis yang sangat baik melalui Internet.

Communication (vs Promotion)/Komunikasi (vs Promosi)
Anda harus mempertimbangkan komunikasi dan bukan promosi. Promosi adalah manipulatif (ouch!) - Itu dari penjual. Komunikasi memerlukan memberi dan menerima antara pembeli dan penjual (itu lebih bagus). Menjadi kreatif dan Anda dapat membuat iklan "interaktif". Gunakan nomor telepon, alamat situs web Anda, dll untuk membantu di sini. Dan dengarkan pelanggan Anda ketika mereka "dengan" Anda.
Mengembangkan merek memperhitungkan pertimbangan ini. Mengembangkan merek adalah mengembangkan suatu janji. Ketika Anda mempertimbangkan "4 C" disebutkan di atas Anda memulai proses mengembangkan merek!

Custom Fit Communications Group "4 C's" pendekatan ketika mengembangkan strategi untuk klien kami. Lanjut Roy McClean.

No comments:

Post a Comment